123 Rumpon Dibagikan, Bupati Janji Bangun Pabrik Es

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyalurkan 123 rumpon untuk 21 kelompok nelayan di Kabupaten Bulukumba. Kegiatan tersebut berlangsung secara simbolis di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bentenge, Kecamatan Ujung Bulu, Bulukumba, Rabu, 22 November 2023.

Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf hadir langsung dalam kegiatan tersebut. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa bantuan rumpon sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Rumpon ini fungsinya untuk menarik datangnya ikan, sehingga dengan adanya rumpon tangkapan nelayan semakin melimpah," urainya.

Andi Utta menyampaikan bahwa rumpon yang disalurkan tersebut lebih baik daripada rumpon pada umumnya, salah satunya ukuran tali yang lebih besar.

"Kalau rumpon lain itu talinya ukuran 18, kalau ini ukuran 24 jadi tetap aman untuk mengikat sampai tiga kapal," kata Andi Utta.

Andi Utta menyampaikan bahwa rumpon yang disalurkan tersebut merupakan rumpon dangkal atau hanya dapat dipasang di kedalaman maksimum 400 meter.

Bupati mengingatkan kepada nelayan untuk tidak menaruh rumpon di jalur-jalur pelayaran yang bisa menyebabkan rumpon tertabrak kapal yang melintas.

"Kalau tali rumpon sudah putus, sudah tidak ada lagi gunanya. Jadi sebisa mungkin disimpan di area yang aman agar rumpon tetap awet," pintanya.

Pada kesempatan itu juga bupati berjanji kepada nelayan bahwa ia akan membenahi TPI Bulukumba bahkan lebih baik daripada TPI di daerah lain.

"Saya usahakan tidak ada lagi Nelayan kita yang bongkar ikan di tempat lain seperti di Sinjai, kita akan benahi TPI kita jauh lebih baik," ujarnya.

Bupati berlatar belakang pengusaha itu juga menekankan kepada nelayan agar meningkatkan kualitas ikan tangkapannya. Karena menurutnya ikan tangkapan nelayan Bulukumba saat ini masih belum memenuhi kualifikasi ekspor.

"Kualitas ikan itu tergantung bagaimana metode yang kita gunakan. Masih banyak yang salah metode dalam memperlakukan ikan tangkapan," kata Andi Utta.

Untuk menunjang kualitas ikan hasil tangkapan nelayan Andi Utta berencana akan mengundang investasi untuk pembangunan pabrik es di Kabupaten Bulukumba.

"Saya akan cari investor yang mau bangun pabrik es, kalau tidak ada daya sendiri yang akan bangun di sini," imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Bulukumba, Hj. Hamrina Andi Muri, mewakili nelayan menyampaikan terima kasih kepada bupati atas kepeduliannya kepada nelayan.

"Selama menjadi memimpin Bulukumba, Pak Bupati (Andi Utta) telah banyak memberikan bantuan kepada nelayan," ungkap Hj. Rina.

Hj. Rina menambahkan, program pemerintah yang memprioritaskan kesejahteraan nelayan menjadi bukti bupati sangat cinta kepada nelayan.

Rina memaparkan sejak 2019 hingga 2023 Pemkab telah menyalurkan 293 rumpon. Dan pada 2024 ditargetkan 400 rumpon akan tersalur.

"Pak Bupati dengan segala programnya menunjukkan beliau begitu peduli terhadap nelayan. Semoga ini bermanfaat bagi nelayan untuk peningkatan kesejahteraan," imbuhnya. (ewa/has/B)

  • Bagikan