Pj Bupati Sinjai Perintahkan PUPR Turunkan Alat Berat di Lokasi Bencana

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bencana tanah longsor terjadi di Kabupaten Sinjai, Senin, 4 Desember 2023 dini hari.

Peristiwa tersebut terjadi di dua titik yakni di Dusun Rumpala, Desa Botolempangan dan Dusun Ramah, Desa Arabika Kecamatan Sinjai Barat.

Informasi yang dihimpun, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 04.35 Wita. Kejadian tersebut mengakibatkan jalan Poros Sinjai-Malino tertutup total sepanjang kurang lebih 30 meter dengan ketebalan material longsoran sekitar 2 meter.

Selain itu juga mengakibatkan dua rumah milik warga ikut tertimbun longsoran dan satu rumah lainnya hanya mengalami rusak ringan.

Tak hanya itu, 4 kendaraan roda 2 milik warga juga ikut tertimbun longsor serta 1 unit kendaraan roda 4 mengalami rusak ringan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun satu orang yang dinyatakan terluka kini sudah mendapatkan perawatan di Puskesmas Lappadata.

Mengetahui adanya bencana tanah longsor di Kecamatan Sinjai Barat, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai langsung turun ke lokasi kejadian.

“Iya, kami saat ini sudah berada di lokasi kejadian dan melakukan evakuasi terhadap korban bencana serta melakukan tindakan penanganan bersama pihak-pihak lainnya”, Ucap Kepala BPBD Sinjai, Drs. Budiaman didampingi Kadis Sosial Sinjai, Andi Muh. Idnan.

Untuk membuka kembali akses jalan yang tertutupi material longsoran, Pj Bupati Sinjai kata Budiaman telah memerintahkan langsung Dinas PUPR untuk menurunkan alat berat.

“Alhamdulillah, dengan kepedulian Pak Bupati, alat berat tersebut kini sementara di jalan dan menuju ke lokasi titik bencana,” terangnya.

Dalam penanganan bencana tanah longsor ini selain BPBD, juga terlihat sejumlah aparat Kepolisian, TNI, termasuk dari Dinas Sosial dan Tenaga kesehatan guna membantu masyarakat yang tertimpah musibah bencana tanah longsor.

Bencana tanah longsor di Kecamatan Sinjai Barat ini sebabkan karena tingginya curah hujan yang terjadi senin dini hari tadi. (mul/has/B)

  • Bagikan