Hasil Sementara Pileg 2024 Dapil Gantarang-Kindang Tersisa Tiga Petahana

  • Bagikan
Petahana DPRD Bulukumba yang bertahan pada Pileg 2024 dapil Gantarang-Kindang

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Rekapitulasi suara tingkat kecamatan di Dapil 2 Bulukumba, Gantarang-Kindang, telah rampung. Dari 10 kursi hanya 3 pertahana yang diproyeksikan bertahan.

Berdasarkan data yang dihimpun RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID dari berbagai sumber, berikut ini perolehan suara partai yang berpotensi meraih kursi.

Di urutan pertama ada Golkar yang memperoleh 12.984 suara, atas perolehan suara ini Golkar mampu mendudukkan dua Calegnya yakni Ismail Papo pada kursi pertama dan Astati Tajuddin di Kursi ke-7.

Capaian kedua Caleg debutan di Gantarang-Kindang ini mengungguli Caleg petahana Hasri Jaya dan mantan Ketua DPRD Kabupaten Bulukumba, Hamzah Pangki.

Selanjutnya di urutan kedua PPP yang memperoleh 12.681 total suara. Sama halnya dengan Golkar, PPP juga mendudukkan dua Calegnya yakni petahana Ketua DPRD Bulukumba, H Rijal di kursi kedua, dan Caleg pendatang baru Fathinah Qauliyah di kursi kedelapan.

Capaian luar biasa dari Fathinah Qauliyah karena berhasil mengungguli dua Caleg petahana di PPP yakni H Amiruddin dan juga Ahmad Akbar yang diproyeksi gagal pada Pileg 2024 ini.

Di urutan ketiga ada PKS yang juga dipastikan mengamankan 1 kursi di Gantarang-Kindang, bukan Caleg petahananya yakni Andi Ahyar, tetapi Caleg pendatang baru Andi Suardi yang mewakili PKS di kursi ketiga.

Di urutan keempat Gerindra dengan perolehan 8.130. Pertarungan internal di partai besutan Prabowo ini juga menjadi perhatian, khususnya di dapil Gantarang-Kindang.

Pasalnya, dari hasil rekapitulasi sementara Caleg petahana tiga periode Muhammad Bakti diproyeksikan tumbang oleh pendatang baru Andi Usdar.

Andi Usdar yang merupakan mantan Kepala Desa (Kades) Garuntungan, Kecamatan Kindang itu, mewakili Gerindra di kursi ke empat.

Di urutan kelima PKB dengan perolehan 7.272 suara, partai ini turun dengan formasi tanpa petahana sehingga situasi politik di internal juga tak kalah menarik.

Meski tanpa petahan, PKB dipastikan mendudukkan satu Calegnya yakni Syamsir. Pemuda asal Desa Garuntungan ini juga merupakan mantan Jurnalis RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID.

Di urutan keenam Demokrat dengan perolehan 4.773 suara. Partai Demokrat berhasil mendudukan Caleg perempuan Hj. Hawatia di kursi keenam. Hj Hawatia mengungguli suara dari politisi senior Mustamin Patawari Philip.

Di urutan ketujuh PAN dengan perolehan 3.885 suara. Meski sempat diragukan namun partai berlogo matahari tersebut berhasil menepis segala kekurangan. Caleg petahana dua periode Hj.Nuraidah dipastikan mengamankan kursi kesembilan Gantarang-Kindang.

Dan di urutan kedelapan Hanura dengan perolehan 2.926, raihan itu sekaligus menajdikan Hanura berada di kursi ke-10 atau keterakhir di Gantarang-Kindang. Caleg petahanya Anhar Sakti kembali diproyeksi mengemban amanah sebagai penyambung suara masyarakat di dapilya.

Kendati demikian data tersebut di atas bukan merupakan hasil resmi dari KPU, melainkan data yang dihimpun secara mandiri oleh RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID. ****

Daftar Caleg Gantarang-Kindang yang Diproyeksi Meraih Kursi:

1. Ismail Papo (Golkar)
2. H. Rijal (PPP)
3. Andi Suardi (PKS)
4. Andi Usdar (Gerindra)
5. Syamsir (PKB)
6. Hj. Hawatia (Demokrat)
7. Astati Tajuddin (Golkar)
8. Fathinah Qauliyah (PPP)
9. Hj. Nuraidah (PAN)
10. Anhar Sakti (Hanura)

======

  • Bagikan