Pj Bupati Bantaeng Harap Mutu Pelayanan Kesehatan di RSUD Banyorang Maksimal

  • Bagikan
Foto: Kunjungan Pj Bupati Bantaeng bersama rombongan, dan tim akreditasi LAM-KPRS. (Mad)

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Penjabat (Pj) Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, melakukan wawancara bersama Tim Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS), yakni NS Asriyani Hamid dan Dr. dr. Muji Iswanty, di ruang direktur RSUD Banyorang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Senin 18 Maret 2024.

Pelaksanaan survey akreditasi RSUD Banyorang ini, dilaksanakan oleh Lembaga Akreditasi Mutu dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit (LAM-KPRS). Lembaga ini telah terakreditasi pada Kementerian Kesehatan RI.

Dalam bincang-bincang bersama tim akreditasi, Pj Bupati Bantaeng, Andi Abubakar, didampingi Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyorang, Pembina RSUD Banyorang, Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng, dr. Andi Ihsan, Plt. Camat Tompobulu Bantaeng, H.Subhan.

Andi Abubakar menyampaikan beberapa point penting dengan pihak terkait, mengenai SDM karena diketahui, RSUD Banyorang ini, merupakan milik Pemda Bantaeng.

"Terkait dengan pembenahan SDM, kompetensi dan kinerjanya sudah cocok, dan sebenarnya kita memiliki dua program, pertama termasuk pengembangan potensi tenaga pengembangan, kedua melalui DAK non fisik, itu dikerjasamakan dan ini jumlahnya sudah cukup banyak misalnya disini ada tenaga gizi, tetapi dia punya kinerja yang rendah, tapi dirumah sakit Anwar makkatutu bagus,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Tim dari LAM-KPRS, NS Asriyani Hamid, Mengungkapkan apresiasinya terhadap RSUD Banyorang, itu karena sebagian sudah dilengkapi dengan alat-alat canggih.

Menurutnya rumah sakit ini adalah aset Pemda Bantaeng yang pertama dibangun di dataran tinggi atau pegunungan.

"Sudah banyak alat yang bagus Pak (Pj Bupati Bantaeng), disini saya masuk ke ruangan-rauangan, untuk tipe D itu sudah lumaya. Alhamdulillah luar biasa ada usg-nya. Pemeriksaa giginya juga bagus, semua barang-barang masuk di persis barang baru,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, dr. Andi Ihsan, mengatakan tenaga kesehatan dapat menjadi tonggak penting dalam meningkatkan SDM.

"Terkait dari masalah SDM kami selalu mendorong teman-teman di RSUD Anwar Makkatutu untuk mengedepankan bekerja secara profesional , kita mendorong bagaimana membangun teman-teman nakes ini bukan hanya mendorong skil tetapi attitude, ini menjadi penegakan kami kemarin di rumah sakit banyorang yang tidak lepas dari attitude  teman-teman sekalian," kata Kadinkes Bantaeng. (mad/has/b)

  • Bagikan