Waspada DBD, Dinkes Lakukan Fogging

  • Bagikan
Petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba melakukan fogging di Dusun Borong Kalukue, Desa Taccorong, Kecamatan Gantarang.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba, melaksanakan Fogging. Kegiatan ini merupakan salah satu cara pencegahan dan kewaspadaan terhadap DBD (Demam Berdarah Dengue).

Kepala Dinas Kesehatan, Dr H Muhammad Amrullah mengatakan, Dinas Kesehatan  mengoptimalkan pelaksanaan fogging. Seperti yang dilaksanakan di Desa Taccorong, Kecamatan Gantarang, Sabtu, 23 Maret 2024.

"Fooging dilaksanakan di Dusun Samatarue, Desa Taccorong karena merupakan lokus dimana kasus DBD-nya meningkat," katanya, Minggu, 24 Maret 2024.

Selain di Dusun Samaturue, Dinas Kesehatan juga melaksanakan fogging di Dusun Borong Kalukue, Desa Taccorong.

Menurutnya, selain dilakukan fogging, upaya pencegahan lainnya yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan adalah melaksanakan pemeriksaan jentik nyamuk serta pemberian 

abatesisasi di rumah warga.

"Kami berharap agar bisa selalu waspada, dan melaksanakan kegiatan-kegiatan pencegahan salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan," tuturnya.

Amrullah menambahkan bahwa penyakit DBD, merupakan penyakit yang terjadi dan ditularkan akibat gigitan nyamuk aedes aegypti yang telah terinfeksi virus dengue dan masuk peredaran darah manusia.

"Pada saat musim hujan, biasanya akan terjadi peningkatan tempat perindukan nyamuk aedes aegypti. Hal itu karena  saat musim hujan banyak air tergenang di tempat terbuka, misalnya kaleng bekas, ban bekas, talang rumah, pot-pot, ember bekas, serta tempat-tempat tertentu. Genangan air itulah  akhirnya menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk tersebut," tutupnya. (*)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan