Mengenal Masjid Siti Aisyah, Masjid Unik Desain Menyerupai Ka’bah

  • Bagikan
Masjid Siti Aisyah

Sebuah masjid dengan desain unik berdiri di atas lahan berukuran 12 kali 12 meter per segi.

Masjid ini terbilang unik, masjid terletak di Kecamatan Bulukumpa, tepatnya di depan Kantor Camat Bulukumpa ini memiliki desain arsitektur berbentuk Ka'bah.

Pembina Pengurus Masjdi Siti Aisyah, Andi Rahmat Ansaruddin bahwa masjid ini diresmikan pada tahun 2021. Masjid ini dibangun oleh Ir H Alimuddin Beddu MM.

"Bentuknya yang seperti Ka'bah di desain sendiri oleh H. Alimuddin. Dimana ia merupakan Insinyur perencanaan," katanya.

Tidak sampai di situ saja, bentuknya yang mirip ka'bah ini terinspirasi dari Ka'bah dan untuk menuntaskan kerinduan pendiri atas Ka'bah.

"Masjid ini dibangun pada masa Covid, dimana saat itu orang dibatasi untuk berkunjung ke Tanah Suci. Karena kerinduan H. Alimuddin terhadap Ka',bah, akhirinya ia membangun masjid," jelasnya.

Masjid Siti Aisyah ini merupakan salah satu tempat yang paling sering dikunjungi masyarakat khususnya pada bulan suci Ramadan ini.

Masjid Siti Aisyah, unik dan berbeda. Arsitekturnya tidak sama dengan masjid-masjid lain yang ada di Bulukumba. Sebuah bangunan kubus berwarna hitam lengkap dengan aksesori bak kiswah penutup kakbah menjadi penanda bahwa masjid ini identik dengan kiblat umat Islam yakni Ka'bah di Makkah.

Nama siti Aisyah Siti Aisyah,merupakan nama dari ibunda Syamsiar Saleh, istri Alimuddin Beddu yang merupakan donatur utama pembangunan masjid ini. 

"Siti Aisyah juga adalah nama ibu saya,  Rahmat Ansaruddin selaku pihak yang mewakafkan lahan untuk bangunan masjid, yaitu Andi Siti Aisyah," bebernya. (*)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan