Cerita Ambo Rukka, Pengusaha Asal Bulukumba yang Sukses di Papua

  • Bagikan
H Ambo Rukka saat bagi-bagi uang di kediamannya di Kelurahan Tanete, Kecamatan Bulukumpa

* Setiap tahun Pulang Kampung Bagi-bagi Uang

H. Ambo Rukka, namanya sudah sangat familiar dikalangan masyarakat, tentunya karena ia merupakan pengusaha asal Kabupaten Bulukumba yang sukses di tanah Papua. Ia memiliki kebiasan berbagi uang kepada masyarakat setiap tahunnya, menjelang pelaksanaan hari Raya Idul Fitri. 

Hal ini telah dilakukkanya sejak 30 tahun, dimulai pada tahun 1980, saat itu tahun pertama dimana ia telah berhasil dalam usahanya di Papua.

Baru-baru ini, tepatnya Sabtu 30 Maret 2024, ia kembali menyambangi kediamannya di Kelurahan Tanete, Kecamatan Bulukumpa, untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Kedatangannya juga untuk membagikah sedekah kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan bagi-bagi uang.

"Pembagian zakat atau sedekah ini tidak hanya dilakukkan di Tanete saja, melainkan juga di Kota Makassar dan juga di Papua," katanya.

Ambo Rukka juga bercerita bahwa dengan berbagi kepada sesama atau dengan bersedekah tidak akan membuat harta seseoarang berkurang, ia berpesan kepada masyarakat untuk tidak takut menyisihkan harta untuk warga yang membutuhkan atau kurang mampu.

"Umat muslim mempunyai kewajiban mengeluarkan 2.5 persen dari harta yang dimiliki untuk disedekahkan kepada orang-orang yang membutuhkan," jelasnya.

Sekadar informasi sebelumnya, Ambo Rukka hidup dengan keterbatasan di Bulukumba. Namun, ia memiliki niat untuk membagikan sebagian dari harta yang diperolehnya dari usaha dagang kepada orang lain.

Keinginannya terkabul, usaha jual barang campuran Ambo Rukka semakin laris di Papua sehingga rezekinya semakin melimpah. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan