Semakin Maju, Pariwisata jadi Program Strategis Bulukumba

  • Bagikan
Kadis Pariwisata Pemuda Olahraga,Daud Kahal (kanan) Bersama Prof.Dr Rahman Rahim (kiri)

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pariwisata di Kabupaten Bulukumba dinilai semakin maju. Hal ini diungkapkan Prof. Dr. Rahman Rahim, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, saat memberikan materi pada acara Milad ke-16 dan Temu Alumni Pasca Sarjana Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar di Tanjung Bira.

"Saat berkunjung ke Tanjung Bira jauh sebelum ini, kita masih belum ada penerangan listrik dan akses jalan masih tidak bagus. Termasuk penginapan yang belum memadai, tapi sekarang sudah sangat maju," katanya.

Sementara itu Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bulukumba, Daud Kahal yang memberikan materi, menyampaikan progres pariwisata dan rencana strategis pengembangan dan promosi wisata Kabupaten Bulukumba.

Menurutnya, Kabupaten Bulukumba memiliki potensi yang sangat besar di sektor pariwisata. Terlebih saat ini pariwisata menjadi program strategis dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

"Angka kunjungan wisatawan dan kontribusi pendapatan sektor pariwisata yang terus digenjot diharapkan dapat berkontribusi dalam rangka memberi dampak multiflyer effect bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah," jelasnya

Untuk itu lanjut Daud, dibutuhkan keterlibatan dan kolaborasi  dengan semua pihak, yakni pemerintah, swasta, dan masyarakat. Terutama pelaku usaha pariwisata dan wisatawan itu sendiri.

"Tahun ini kami akan menggelar delapan even di antaranya Festival Pinisi, Bira Run, Jelajah Hutan Karet, Gowes Hutan Karet, Jetski Internasional," bebernya.

Untuk even Festival Pinisi sendiri saat ini Bulukumba bersama 5 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan sedang mempersiapkan presentasi ke Tim Kurasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk berkompetisi  dalam Kharisma Even Nusantara (KEN). (adv)

Penulis: FITRIANI SALWAREditor: SUPARMAN
  • Bagikan