Program Unggulan Bantaeng Menuju Smart City Kini Masuk Tahapan Penyusunan Masterplan

  • Bagikan

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Bupati Bantaeng, Ilham Azikin membuka secara resmi Bimbing Teknis (Bimtek) Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program unggulan tahap satu, yang berlangsung di Hotel Seruni Bantaeng, Senin 3 Juli 2023.

Pembangunan berbasis Smart City (Kota Pintar) pada Pemerintah Daerah merupakan sebuah strategi yang komprehensif, inklusif, efektif dan efisien, terobosan baru dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif, harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang semakin berkembang dan kompleks.

Konsep pembangunan Smart City sendiri merupakan pembangunan yang berkelanjutan dan memiliki daya saing, serta selalu meluncurkan inovasi agar masyarakat lebih aman, nyaman, mudah, sehat dan makmur, yang tentu saja didukung oleh kemajuan teknologi, informasi dan komunikasi sehingga dapat memperbaiki kinerja dan meningkatkan efisiensi.

“Smart City tidak hanya selalu soal penggunaan teknologi atau pembangunan fisik semata, yang lebih penting adalah bagaimana dapat membangun pola pikir, sikap dan karakter masyarakat yang lebih baik”, ucap Bupati Ilham Azikin, Senin 3 Juli 2023, saat membuka Bimtek.

Lebih lanjut kata Bupati, bahwa mewujudkan konsep Smart City ini membutuhkan waktu yang tidaklah singkat, untuk itu kita membutuhkan keseriusan dan usaha yang gigih oleh setiap elemen, baik Pemerintahan dan masyarakat, yang diawali dengan membentuk sebuah Masterplan Smart City Kabupaten Bantaeng.

“Kami berharap dengan penerapan konsep Smart City di Kabupaten Bantaeng dapat meningkatkan pelayanan masyarakat menjadi lebih baik, lebih transparan, akuntabel dan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas di berbagai kegiatan dan layananlayanan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Bantaeng, H Subhan mengatakan bahwa kegiatan ini akan dilangsungkan selama dua hari mulai tanggal 3 hingga 4 Juli 2023 di Hotel Seruni Bantaeng.

"Diikuti oleh peserta yang terdiri dari para Kasubag Program dan Pelaporan dari OPD dan JFT perencanaan dari Bappeda Bantaeng, perwakilan dari APDESI Bantaeng  serta peserta dari Dinas Kominfo SP Bantaeng," kata H. Subhan. (ahmad zhuhri)

  • Bagikan