Mengenal Lebih Dekat Andi Riska Andriani, Bacaleg Milenial Partai NasDem di Dapil Herlang-Kajang

  • Bagikan
Andi Riska Andriani

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 bakal diwarnai hadirnya caleg-caleg milenial. Tidak hanya muda, para caleg milenial ini menawarkan banyak hal baru untuk kemajuan perpolitikan di daerah ini.

Salah satu bakal calon legislatif (bacaleg) muda yang berada di Dapil Herlang dan Kajang adalah Andi Riska Andriani atau akrab disapa Ikka. Perempuan kelahiran Bulukumba 3 September 1994 ini sudah tertarik dengan dunia politik sejak SMA. Tak heran ia memilih Jurusan Ilmu Politik di Fakultas Ushuluddin, Filsafat dan Politik di UIN Alauddin Makassar. "Sejak dulu memang tertarik dengan dunia politik. Jadi bukan ikut-ikutan nyaleg atau sekadar memenuhi kuota 30 persen perempuan," ujar Andi Riska saat ngobrol dengan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID di Kafe Labissa, Bulukumba, Jumat 2 Juni 2023.

Ketertarikan Andi Riska semakin besar saat ia mulai mendampingi Hj. Siti Aminah Syam, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bulukumba sebagai ajudan. Putri dari Andi Kilat Guntur dan Hj. Andi Sitti Jawiyah ini mengaku banyak belajar dari sosok Bunda Aminah, sapaan Hj. Siti Aminah. Ia juga lebih dekat dengan suasana rapat-rapat di Gedung DPRD Bulukumba. Bagaimana model interaksi sesama anggota dewan, dan cara legislator menghadapi konstituen.

"Dorongan untuk menjadi anggota dewan makin besar. Saya merasa bisa lebih banyak berbuat untuk masyarakat jika duduk sebagai anggota DPRD Bulukumba," katanya optimis.

Andi Riska tidak hanya tipe perempuan pembelajar. Ia juga aktif sejak masih duduk di bangku SMA. Ia tercatat sebagai pendiri sekaligus Presiden Indonesian Future Leaders Sulsel (2010-2012). Pernah menjadi Presiden di Alauddin Debate Association (Aldeba) pada 2013-2014, dan Project Manager Youth Peace Ambassador of Sulawesi (2015-2017).

Tidak hanya itu, Andi Riska adalah Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Politik di UIN Alauddin periode 2016-2017.
"Kalau aktivitas sosial, saya memang selalu terlibat dalam kegiatan kerelawanan. Pernah menjadi volunteer pada kegiatan mengajar di Desa Salemba Ujungloe lewat Rumah Baca La Macca dan aktif pada kegiatan menyumbangkan baju sekolah kakak kelas kepada adik kelas melalui Abu-abu Heritage Bulukumba," ujarnya.

Berbicara dengan Andi Riska tidak pernah habis bahan diskusi. Usianya masih muda tapi pengalamannya di lapangan terutama kelompok akar rumput sangat besar. Tahun 2012, Andi Riska pernah masuk sebagai kandidat Wakil Sulsel Parlemen Muda Indonesia. Ia juga pernah menjadi fasilitator perdamaian YPAS-UNAOC Aceh pada 2005.

Relawan Demokrasi KPU ini kini tercatat sebagai bacaleg di Partai NasDem untuk Dapil Herlang Kajang. Andi Riska berharap lebih banyak perempuan yang punya kemandirian dan keberanian untuk berkiprah di dunia politik.

"Dunia politik itu sangat luas. Berbicara tentang politik harusnya tidak hanya dilakukan oleh kalangan politisi, pemerintah atau birokrat. Namun bisa dilakukan semua lapisan masyarakat. Dan representasi perempuan dalam bidang politik harus lebih banyak dan kualitasnya lebih baik lagi," tandasnya. (una)

  • Bagikan