H Rijal Siap Maju Pilkada Bulukumba, Siap Didampingi dan Mendampingi

  • Bagikan
Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf (kiri) dan Ketua DPRD Bulukumba H Rijal (kanan)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ketua DPRD Bulukumba, H Rijal salah satu nama yang diisukan bakal maju pada Pilkada 2024. Melalui wawancara eksklusif dengan RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, ia tidak menampik isu tersebut dan membenarkan bahwa dirinya memang memiliki niat untuk maju pada Pilkada Bulukumba yang akan digelar pada 27 November 2024.

"Memang saya punya niat (maju Pilkada), dan saya rasa semua orang punya niat untuk membangun Bulukumba agar lebih baik lagi ke depan. Kalau memang saya didorong oleh masyarakat itu harus kita apresiasi," kata H Rijal saat dikonfirmasi pada Minggu, 24 Maret 2024.

Kendati demikian menurut H Rijal saat ini dirinya belum mau berbicara banyak soal Pilkada Bulukumba, karena menurutnya masih banyak tugas yang harus diselesaikan sebagai Ketua DPRD Bulukumba.

"Kami masih punya tugas bersama pemerintah untuk membangun Bulukumba, kita fokus dulu di situ baru kita bicara bagaimana ke depannya," ujar H Rijal.

Selain itu, H Rijal juga tidak ingin asal bicara soal pencalonannya. Ia akan memastikan terlebih dahulu modal politik seperti dukungan masyarakat serta usungan partai politik sebelum memastikan maju sebagai salah satu kontestan pada Pilkada 2024.

"Saya tidak mau asal bicara, kalau kita mau maju itu harus serius. Minimal punya dukungan partai politik yang jelas, baik itu Parpol lainnya maupun dukungan dari partai sendiri," jelasnya.

H Rijal membeberkan bahwa niat baik dari sejumlah masyarakat yang menginginkannya maju Pilkada juga telah ia sampaikan ke Ketua DPP PPP.

"Niat itu sudah saya sampaikan ke DPP, tapi kan sekarang situasi PPP sedang menghadapi perkara ambang batas parlemen, jadi soal Pilkada belum kita bahas," ungkapnya.

Nama H Rijal juga dikaitkan di kursi 02 dari petahana, Andi Muchtar Ali Yusuf, namun menurut H Rijal dirinya tidak mau membahas sampai ke sana karena ia menghargai pasangan Bupati Bulukumba dan Wakil Bupati Bulukumba saat ini.

"Iya memang banyak yang bahas begitu (diusung jadi calon wakil dari Andi Utta), tapi saya tidak mau bicara soal itu, tentu kita harus punya etika dan menghargai pasangan pemerintahan yang ada saat ini," tukasnya.

Sementara itu, Plt Ketua PPP Bulukumba, Vikra Zulfikar Askar yang juga dikonfirmasi RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID membenarkan bahwa partainya akan kembali mengusung kader pada Pilkada 2024.

Pertimbangan mengusung kader tidak terlepas dari menurunnya performa PPP pada Pileg Bulukumba 2024 sepeninggal H Askar (Alm).

"Kami akan menyiapkan kader terbaik kami untuk maju di Pilkada yang akan datang, Untuk tingkat nasional kita tnggu dulu hasil pasca sengketa di MK," kata Vikra.

Vikra mengungkapkan bahwa H Rijal salah satu nama untuk diusung dari PPP, namun bukan satu-satunya kader yang berpotensi.

"Semua kader (PPP) punya peluang yang sama (untuk diusung pada Pilkada Bulukumba 2024," imbuhnya.

Diketahui, berdasarkan hasil Pileg DPRD Bulukumba 2024, PPP diproyeksi mendapatkan tiga kursi. Perolehan itu menurun dibandingkan Pileg sebelumnya enam kursi.

Meski perolehan kursi PPP menurun, namun pada Pileg ini namun suara figur H Rijal meningkat dan berhasil mengantarkannya kembali sebagai Anggota DPRD Kabupaten Bulukumba periode mendatang.

Pada Pileg 2019 lalu H Rijal memperoleh 3.877 suara, sementara pada Pileg baru-baru ini ia berhasil mengumpulkan 4.748 suara dan tercatat sebagai Caleg Kabupaten dengan perolehan suara tertinggi kedua di Kabupaten Bulukumba.

Basis suara itu tentu menjadi salah satu modal H Rijal untuk maju sebagai salah satu kontestan pada Pilkada Bulukumba 2024, entah sebagai calon bupati maupun calon wakil bupati. ****

  • Bagikan